-->

Sebuah Kisah Inspirasi Pemuda yang Mengejar Impian Startup Unicorn Selama 17 Tahun

- Minggu, Desember 17, 2017
Halo teman-teman pembaca setia buletin pengusaha, kali ini kami akan membagikan sebuah sharing kisah refleksi impian seorang pemuda bernama Khairul Fadli yang ingin mempunyai startup unicorn. Simak kisah inspiratifnya di bawah ini.

Photo credit: Aqua Mechanical.

Sudah delapan bulan sejak saya memutuskan untuk mengambil risiko dan mengembangkan startup lain. 

Setelah memutuskan untuk beristirahat dari kewiraswastaan ​​pada bulan November tahun lalu, saya butuh waktu empat bulan untuk mengejar mimpi unicorn lagi.

Saya memiliki hubungan cinta-benci dengan kewiraswastaan ​​ini. Saya menyukai fakta bahwa saya dapat mengembangkan sebuah gagasan, melihatnya berkembang, memutuskan jalannya, dan melihatnya berkembang. 

Tapi saya juga membenci tekanan, tantangan, larut malam, dan stres yang menyertainya.

Kurasa ada sesuatu tentang mengejar mimpi unicorn yang membuatku terus berjalan. 

Mungkin kesempatannya untuk membuat perbedaan atau menciptakan sesuatu yang sama sekali baru untuk masa depan.

Harga yang harus dibayar


Saya harus mengakui bahwa beberapa perusahaan pemula yang terjun ke dunia gagal secara spektakuler, menempatkan saya pada hutang yang lebih besar daripada sebelumnya. 

Usaha terakhir saya gagal begitu buruk sehingga saya memutuskan untuk beristirahat dari semuanya.

Kebanyakan orang berpikir membangun sebuah startup adalah "dalam hal" yang harus dilakukan, bahwa kamu bisa "berhasil" dengan mudah, dan kamu bisa membuat orang percaya akan ide kamu itu. 

Akan baik jika semua ini benar, tapi sayangnya tidak. Saya kira kesalahpahaman ini terjadi karena media selalu berbicara tentang startup unicorn. 

Tapi bagaimana dengan pengusaha yang mengejar mimpi tersebut dan gagal? Saya yakin pengalaman mereka jauh lebih berharga dan menawarkan wawasan yang lebih besar, bukan?

Jadi, izinkan saya membagikan harga yang telah saya bayarkan sejauh ini dalam mengejar impian unicorn saya: waktu.

Saya memulai perjalanan kewirausahaan saya saat berusia 19. Saat ini saya berusia 36 tahun. Sudah 17 tahun yang baik, melakukan pengembangan web freelance paruh waktu di awal 20an dan menyiapkan startup pertama saya. Saya mengalami sejumlah keberhasilan namun jumlah kegagalannya lebih besar.

Dalam 17 tahun itu, jika saya telah memutuskan untuk menyelesaikan studi saya, mendapatkan pekerjaan yang stabil, dan menaiki tangga perusahaan, mungkin saya akan menjadi lebih stabil dalam hidup sekarang dan lebih baik juga.

Bagi beberapa orang, 17 tahun itu tidak pernah bisa diambil kembali. Mereka tidak pernah bisa diganti. Waktu itu terbuang. Tapi bagi saya, tahun-tahun itu saya mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan - hal-hal yang tidak pernah diajarkan di sekolah.

Saya tidak berasal dari keluarga kaya dimana ayah bisa menandatangani cek kapan pun saya ingin memulai usaha baru. 

Jadi, sudah 17 tahun yang sulit bagi saya mengejar impian unicorn saya. Ini sulit mengejarnya sendiri dan semakin keras membuat orang percaya akan ide Anda.

Tidak menyerah


Anda pasti bertanya-tanya mengapa, setelah 17 tahun (menikah dan memiliki dua anak), saya menjadi "keras kepala" dan masih mengejar impian startup saya. 

Kamu bisa katakan ini seharusnya menjadi tembakan terakhir saya (saya katakan pada diriku sendiri beberapa tahun yang lalu, tapi inilah aku lagi). 

Saya yakin saya bermaksud melakukan sesuatu yang besar dan berarti dalam hidup saya, baik itu dalam 17 tahun, 20 tahun, atau bahkan di ranjang kematian saya sekalipun.

Tidak banyak orang yang bisa menangkap unicorn. Banyak yang mencoba tapi menyerah setengah jalan dan gagal. 

Tapi saya belum menyerah dulu. Saya percaya bahwa saat ini, dengan tim dan mitra yang tepat, akhirnya kita bisa menangkap mimpinya. 

Saya telah mengorbankan terlalu banyak waktu, uang, dan hubungan untuk menyerah sekarang.

Pasangan saya juga telah melakukan pengorbanannya. Mereka berbagi visi dalam usaha saya, yaitu mengembangkan ekosistem tanpa uang yang memungkinkan pengguna untuk "Mengalahkan Antrean" di perusahaan mana pun di dunia menggunakan aplikasi POS kami.

Kami juga menerapkan token digital kami sendiri sehingga pengguna tidak perlu menggunakan kartu tunai atau kartu kredit / debit saat berada di ekosistem.

Jika ewallet kamu mungkin rendah, misalnya, dan kamu berada dalam keadaan darurat, kamu mungkin hanya mengirim pesan ke teman / keluarga dan minta mereka mengirimkan beberapa token digital kepada kamu untuk melengkapi ewallet itu. 

Kemudian, kamu pun dapat meminta orang yang kamu kirimi uang itu untuk mengunduh aplikasi. Itu ide bagus.

Pikiran Akhir

Sulit membuat orang percaya pada mimpimu. Kamu adalah satu-satunya orang yang perlu mempercayainya dan membaginya dengan antusias ke seluruh dunia, dan mudah-mudahan, orang akan mulai berbagi impian kamu itu.

Saya telah mengejar impian unicorn saya selama 17 tahun, dan telah membuat saya mengalami banyak kesengsaraan dan tantangan. 

Tapi itu juga mengajari saya bahwa saya perlu fokus dan berkomitmen bahkan jika tidak ada yang percaya pada diri saya.

Jika kamu ingin mengubah impian startup menjadi kenyataan, pastikan kamu harus siap menghadapi pertempuran yang menyertainya. Kekuatan mental adalah kunci. Stamina adalah suatu kebutuhan. Ini maraton.

Terakhir, kamu harus mencari peluang dari A sampai Z ketika kamu memutuskan untuk melakukan dan mengejar unicorn kamu itu. 

Semoga berhasil!


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search